Langkah Langkah Memecahkan Masalah Troubel Pada Gitar Akustik-Listrik

Gitar akustik hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran dengan sejumlah opsi. Salah satu opsi yang paling populer adalah penambahan sistem pickup yang memungkinkan gitar untuk dihubungkan ke amplifikasi.

Ketika sistem pickup ditambahkan ke gitar akustik, itu menjadi gitar "akustik / listrik" karena dapat dimainkan sendiri, akustik, atau terhubung ke sistem amp atau PA seperti gitar listrik.

Dan seperti halnya segala sesuatu yang mekanis, semakin banyak potongan yang Anda tambahkan ke teka-teki, semakin banyak yang bisa salah. Jika Anda memiliki gitar akustik / listrik, itu hanya masalah waktu sebelum Anda mengalami kerusakan pada rantai sinyal, dan penting untuk mengetahui cara mendiagnosis masalahnya.

Masalah yang dapat muncul ketika memasukkan gitar akustik / listrik ke sistem amp atau PA biasanya jatuh ke dalam dua kategori. Suara terdistorsi atau statis - atau kehilangan sinyal sama sekali.

https://www.bangun.in/news/tangga-lagu-indonesia.html
Suara Terdistorsi atau Statis

Ketika suara lagu indonesia terbaru yang dihasilkan gitar terdistorsi atau penuh statis, ada beberapa penyebabnya.

Hal pertama yang perlu diperiksa adalah kabel gitar yang Anda gunakan. Goyangkan kabel dengan lembut dan dengarkan suara "berderak". Jika Anda mendengar satu maka kabel mungkin memiliki pendek di suatu tempat panjangnya. Juga, berikan sedikit tekanan bolak-balik di ujungnya. Jika Anda mendengar bunyi berderak maka itu biasanya merupakan indikator kekurangan konektor kabel.

Apa pun caranya, coba kabel baru dan lihat apakah itu mengurangi masalah.


Jika tidak, coba gerakkan ujung kabel dengan lembut ke dalam gitar bolak-balik. Jika ini menghasilkan bunyi berderak maka Anda mungkin memiliki kekurangan di jack input gitar itu sendiri.

Jika Anda telah mencoba semua hal di atas dan tidak menemukan masalah, maka hal berikutnya yang perlu diperiksa adalah baterai untuk pre-amp dari sistem pickup gitar.

Sebagian besar pickup gitar akustik memiliki pre-amp built-in yang meningkatkan sinyal dari gitar sebelum beralih ke amp atau PA. Salah satu masalah paling umum dengan gitar ini adalah baterai (seringkali 9 volt) kehilangan daya, atau mati sama sekali. Masukkan baterai baru dan coba gitar. Ini, cukup sering, akan menyelesaikan masalah.

Kehilangan Sinyal Lengkap


Mendiagnosis masalah ini mirip dengan masalah di atas, tetapi karena tidak ada sinyal sama sekali Anda ingin memeriksa bagian lain dari rantai sinyal.

Pertama periksa amp. Saya tahu ini terdengar jelas, tetapi pastikan sudah menyala! Jika demikian, periksa pengaturan level volume. Gunakan gitar lain yang Anda tahu berfungsi dan pastikan amp berfungsi dengan benar.

Jika gitar dicolokkan ke D.I. (Kotak Langsung), centang kotak untuk kerusakan dan perutean kabel yang tepat. Periksa juga kabel XLR yang berasal dari D.I. kotak, ke papan pencampur atau ular.

Setelah kemungkinan-kemungkinan itu dihilangkan, maka lanjutkan untuk mendiagnosis masalah dengan suara prambors yang terdistorsi atau statis.

https://www.bangun.in/news/tangga-lagu-indonesia.html
Kesimpulannya

Kiat pemecahan masalah di atas mungkin terdengar seperti banyak langkah yang harus dilalui untuk menemukan masalah, tetapi begitu Anda memahami konsep apa yang salah, Anda akan menemukan bahwa menelusuri masalah dapat dilakukan dengan cukup cepat.

Ini benar-benar hanya masalah mengetahui jalur sinyal gitar, dan menghilangkan segala sesuatu yang "berfungsi", sampai Anda menemukan hal yang "tidak" berfungsi.

Dan ingat, penyebab utama kehilangan sinyal, atau sinyal terdistorsi dalam gitar akustik / listrik adalah baterai yang rusak - dan Anda dapat mengatasi masalah itu dengan sering mengganti baterai!

Subscribe to receive free email updates: